Matius 5:14-16
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Yesaya 61:1-2
Kabar selamat kepada Sion
61:1 Roh
Tuhan ALLAH
ada padaku
1 2 , oleh karena TUHAN telah mengurapi
aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik
kepada orang-orang sengsara,
dan merawat
orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan
kepada orang-orang tawanan,
dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
61:2 untuk memberitakan tahun rahmat
TUHAN dan hari pembalasan
3 Allah kita, untuk menghibur
semua orang berkabung,
Lukas 4:17-19
4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku 4 , oleh sebab Ia telah mengurapi Aku 5 , untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
1 Full Life: ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1-3
Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau
pelayanan-Nya
(lihat cat. --> Yes 11:2-3
[atau ref. Yes 11:2-3]
di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih
langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini
dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan
pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1).
Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup
- (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan
tersiksa;
- (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah
sakit dan hancur hati;
- (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan
dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
- (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat
melihat terang Injil dan selamat.
Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan
terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.
2 Full Life: ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1
Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini:
Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;
lihat cat. --> Mr 1:11).
[atau ref. Mr 1:11]
3 Full Life: HARI PEMBALASAN.
Nas : Yes 61:2
Yesus tidak menyebutkan frasa ini ketika mengutip nubuat ini
(Luk 4:18-19) karena "hari pembalasan" baru akan terjadi ketika Ia
datang kembali. Hukuman terakhir atas orang fasik akan terjadi pada masa
kesengsaraan besar dan ketika Kristus kembali ke bumi (pasal
Wahy 5:1-19:21; bd. Yes 34:8; Mat 24:30).
4 Full Life: ROH ... ADA PADAKU.
Nas : Luk 4:18
Lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS.
5 Full Life: IA TELAH MENGURAPI AKU.
Nas : Luk 4:18
Yesus menerangkan maksud pelayanan-Nya yang diurapi Roh, yaitu:
- 1) Untuk menyampaikan kabar baik kepada orang miskin, papa, menderita,
hina, patah semangat, hancur hati, dan mereka yang "gentar kepada
firman-Nya"
(lihat cat. --> Yes 61:1-3;
lihat cat. --> Yes 66:2).
[atau ref. Yes 61:1-3; 66:2]
- 2) Untuk menyembuhkan mereka yang memar dan tertindas. Penyembuhan ini
meliputi segenap pribadi, baik jasmani maupun rohani.
- 3) Untuk mencelikkan mata rohani mereka yang dibutakan oleh dunia dan
Iblis agar mereka dapat melihat kebenaran kabar baik Allah (bd.
Yoh 9:39).
- 4) Untuk memberitakan saat pembebasan dan penyelamatan yang
sesungguhnya dari kuasa Iblis, dosa, ketakutan, dan rasa bersalah (bd.
Yoh 8:36; Kis 26:18).
Semua orang yang dipenuhi Roh terpanggil untuk ikut serta dalam pelayanan
Yesus dengan cara-cara demikian. Untuk melakukannya kita harus menyadari
sungguh-sungguh kebutuhan dan kesengsaraan yang diakibatkan oleh dosa dan
kuasa Iblis yang dahsyat -- keadaan perbudakan kepada kejahatan, kehancuran
hati, kebutaan rohani, dan penderitaan fisik.